Perspektif Hoax pada Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perspektif Hoax pada Teknologi Informasi dan Komunikasi. Zaman sekarang informasi apapun yang beredar di masyarakat sering mengalami kebohongan yang tidak sedikit. Ironisnya, banyak masyarakat yang percaya berita hoax sehingga melahirkan prahara yang mudah diadu domba.

Bahkan tidak sedikit informasi hoax tersebut sudah diketahui para penikmatnya dan disebarluaskan ulang. Perspektif ini yang harus dicegah atau dihindari dengan kesadaran yang berkualitas dan tidak mengulangi kesalahan sebelumnya. Perhatikan juga artikel menarik tentang pendidikan dasar anak usia dini ini ya.

Contents

READ  Ini Dia Tips Membeli Motor Bekas Harga 500 Ribuan

Perspektif Hoax pada Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengatasi Hoax pada Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengatasi hoax atau berita bohong pada Teknologi Informasi dan Komunikasi harus di sikapi secara serius. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memastikan kebenarannya melalui sumber terkait yang relevan. Atau berhenti menyebarkan dan mengedarkannya melalui perangkat teknologi, seperti internet, facebook, dan lainnya.

Mengatasi berita bohong bukan hanya tugas pemerintah, tapi tugas semua pihak yang terlibat di dalamnya. Menghadirkan UU ITE sebagai regulasi hukum merupakan perspektif yang tidak bisa ditolak. Sudut pandang ini terjadi karena berkaitan dengan transaksi informasi yang berpotensi atau sudah membohongi publik.

READ  Keuntungan Download Game Uang Berbicara Mudah Dan Menyenangkan

Regulasi Hukum pada Teknologi Informasi dan Komunikasi

Regulasi hukum merupakan salah satu solusi cerdas untuk mengurangi atau menghentikan berita hoax yang menyesatkan. Meskipun begitu, hadirnya UU ITE pada Teknologi Informasi dan Komunikasi bukan berarti meniadakan secara massif perilaku atau sikap yang menyesatkan.

Perangkat hukum UU ITE harus menjadi efek gentar sehingga masyarakat harus berpikir ribuan kali untuk tidak melakukannya. Satu hal yang perlu dicermati bahwa UU ITE tidak melarang adanya demokrasi dalam dunia maya asalkan penuh dengan sikap kehati-hatian.

Mengedukasi masyarakat

Masyarakat sebagai konsumen berita informatif harus diedukasi dan mengedukasi para penikmat lain. Dan menjelaskan informasi yang mendekati kebenaran atau jauh dari kebenaran sehingga tidak keliru dalam melangkah.

READ  Download Game Pc Yang Bagus Dan Ringan Bisa Kalian Coba Mainkan

Pemerintah melalui instansi atau kementerian terkait harus memberikan informasi positif untuk mencegah ketidakjelasan. Dan memastikan informasi yang berasal dari pemerintah merupakan sumber yang asli dan dapat dipercaya. Perhatikan juga artikel menarik tentang motor bekas harga 500 ribuan ini ya.

Terakhir, mengatasi hoax pada Teknologi Informasi dan Komunikasi harus berlangsung secara seksama dan cerdas. Kalau tidak yakin dengan berita informatif tersebut, maka tidak perlu mengedarkannya sehingga dampaknya tidak meluas.

 

 

 

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Teknologi. Tandai permalink.